Trip

7 Wisata Terbaik Bengkulu, Yang Pertama Terkenal Hingga Mancanegara!

Lagi di bengkulu? kesini ajaaaa...

7 Wisata Terbaik Bengkulu, Yang Pertama Terkenal Hingga Mancanegara!

 

Qencan.com || Bengkulu, provinsi yang berada di sisi barat pulau Sumatera dan berbatasan langsung dengan Provinsi Sumateran Selatan, Lampung, dan Samudera Hindia, memiliki beberapa destinasi wisata kebanggaan Indonesia.

Provinsi yang terkenal dengan julukan ‘Bumi Raflesia’ ini memiliki banyak spot menarik untuk dikunjungi.  Beragam jenis transportasi jalur darat atau udara bisa mengantarkan anda ke provinsi ini.

 

Rekomendasi Wisata Terbaik di Bengkulu

Bengkulu memiliki banyak sekali tempat wisata yang tidak bisa anda temukan di daerah lain. Tidak hanya kekayaan alam yang bernilai estetika tetapi juga tempat wisata dengan nilai sejarah. Berikut ulasannya.

 

1. Rumah Pengasingan Bung Karno

Siapa yang tidak kenal dengan Bung Karno? Ya, Bung Karno adalah sapaan akrab untuk Bapak Presiden pertama Republik Indonesia, Bapak Ir.Soekarno. Sebagai Bapak bangsa, hampir tidak ada yang tidak kenal sosok Bung Karno di sepanjang nusantara.

Rumah Pengasingan Bung Karno

Bahkan nama Bung Karno juga dikenal hingga mancanegara karena kepemimpinannya yang dijuluki ‘Macan Asia’.

Baca Juga : Lima Tips Liburan ke Gunung Bromo dijamin Seru

Presiden Soekarno pernah diasingkan di Bengkulu selama empat tahun (1938-1942). Rumah yang pernah dihuninya dulu kemudian menjadi wisata sejarah dengan nama “Rumah Pengasingan Bung Karno”.

Terletak di tengah Kota bengkulu, rumah ini terus ramai didatangi pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri. Lokasinya tepat di daerah jalan Sukarno Hatta kelurahan Anggut Atas kecamatan Gading Cempaka.

Jika ada berkunjung kesini, anda akan menemukan benda-benda peninggalan Soekarno, seperti ranjang besi, koleksi buku berbahasa Belanda, sepeda Bung Karno, dsb. Dinding rumah ini juga dilengkapi dengan foto-foto kenangan Bung Karno bersama keluarga dan koleganya selama di Bengkulu.

 

2. Pantai Panjang

Sebab berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, provinsi Bengkulu pun menjadi kaya akan destinasi pantai. Tak jauh dari rumah pengasingan Bung Karno, terdapat pantai yang paling populer di Bengkulu yaitu pantai panjang.

wisata terbaik di Bengkulu

Sesuai dengan namanya, pantai ini memang merupakan pantai terpanjang yang ada di provinsi Bengkulu dengan garis pantai sepanjang tujuh kilometer.

Tempat wisata ini menjadi spot favorit bagi yang ingin bersantai dengan hembusan angin pantai sambil menikmati berbagai macam kuliner. Pantai ini juga dilengkapi dengan sport center sehingga pengunjung juga bisa berwisata sambil berolahraga.

 

3. Pulau Tikus

Jika pantai panjang adalah pantai yang panjang sesuai dengan namanya, tidak begitu halnya dengan pulau tikus.

Pulau Tikus

Pulau ini tentu saja bukan pulau dengan banyak tikus tetapi ini adalah nama pulau yang menjadi surga para pecinta alam laut Meskipun ukurannya hanya 2 hektar, pulau ini terus eksis menyedot perhatian para traveler yang datang ke Bengkulu.

Bagaimana tidak, di pulau ini anda dapat snorkeling sambil memanjakan mata dengan biota laut. Pulau ini juga didominasi dengan beragam jenis karang laut yang cantik dan berbagai jenis penyu.

Untuk sampai ke pulau tikus dari pusat kota, anda bisa menempuh jarak sekitar 10 km ke pantai bagian barat Kota Bengkulu. Lalu, dilanjutkan dengan transportasi air menuju pulau tikus.

 

4. Wisata Alam Sungai Air Berau

Jika tempat wisata Bengkulu diatas adalah tempat berwisata dengan suasana santai dan menenangkan, berbeda dengan wisata yang satu ini.

Wisata Alam Sungai Air Berau

Letaknya adalah di kabupaten Muko-Muko, sekitar 1-2 jam dari pusat Kota Bengkulu.

Baca Juga : Rekomendasi 7 Tempat Romantis di Semarang Malam Hari

Wisata ini cocok bagi anda yang ingin memacu adrenalin. Sungai berau akan memberikan anda pengalaman olahraga arum jeram yang tak terlupakan. Selain itu, sungai ini juga memiliki nilai budaya lokal sebab menjadi tempat upacara adat anak daro. Upacara ini diperuntukkan bagi setiap bayi yang lahir di Muko-Muko.

 

5. Benteng Malborough

Dibangun oleh East Indian Company (EIC) pada tahun 1713-1719, Benteng Malborough ialah saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia melawan Inggris. Bangunan ini memiliki luas sekitar 44.100 m persegi, dengan panjang 240.5 m dan lebar 170.5 m.

Benteng Malborough

Jika dari pantai panjang, pengunjung cukup menempuh sekitar 6-13 menit perjalanan menuju Benteng Malborough. Disana ada beberapa macam ruangan-ruangan kecil dengan cerita sejarah tersendiri.

Kekayaan sejarah bangunan ini memberikan edukasi sejarah bagi wisatawan, kemudian mereka juga bisa mengabadikan kenangan dengan berfoto berlatar belakang bangunan yang otentik.

 

6. Pantai Laguna Samudera

Terletak di area jalan Lintas Barat Sumatera Ruas Krui-Bintuhan Kabupaten Kaur, Pantai Laguna Samudera adalah salah satu objek wisata andalan di Provinsi Bengkulu. Pantai ini masih sangat asri dan bersih. Pasir putih, ombak tenang, air jernih menjadi daya tarik utama pantai ini.

Pantai Laguna Samudera

Dilengkapi dengan pondok-pondok kecil di sepanjang pantai, dengan pepohonan yang rindang serta deretanan jajanan yang ada di kawasan pantai. Tersedia pula kapal-kapal kecil bagi yang ingin mencoba berlayar ke tengah pantai sambil menyaksikan pemandangan dari air laut yang jernih.

Karena berada di daerah jalan lintas yang menghubungkan Lampung dan Bengkulu, pantai ini pun sering menjadi tempat persinggahan untuk melepas penatnya perjalanan.

 

7. Habitat Bunga Raflesia

Habitat Bunga Raflesia

Bengkulu adalah salah satu tanah pilihan menjadi tempat tumbuhnya Bunga langka, Raflesia Arnoldi. Bunga Raksasa ini hanya tumbuh di daerah tertentu, salah satunya adalah di kawasan Hutan Lindung Bukit Daun Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu.

Baca Juga : Curug Citambur Cianjur Selatan yang Begitu Memukau

Bunga yang kemudian menjadi ikon Bengkulu ini memiliki musim sendiri untuk tumbuh. Sebelum berkunjung kesini, alangkah lebih baik para wisatawan mencari informasi terlebih dahulu kapan waktu terbaik untuk melihat bunga ini.

Bunga langka ini biasanya mekar di antara Juni hingga Juli. Jadi, pastikan kamu berkunjung pada bulan itu ya.

**Kamu juga bisa membagikan ceritamu di Qencan, silahkan mendaftar dan tulis ceritamu :)

Tags

Admin Qencan

Setiap orang memiliki cerita sendiri dan qencan.com adalah wadah bagi anak muda untuk saling berbagi dan terhubung kepada pemuda lain di Indonesia

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close