Sosial

Budaya Ngopi dan Segala Kesederhanaannya

Hari gini nggak suka ngopi? Tahu nggak Guys, saat ini kopi bukan lagi sekedar minuman yang dinantikan para penggilanya, melainkan telah menjadi satu budaya dan tradisi tersendiri. Anak muda memaknai kopi sebagai symbol ‘gaul’, sementara kalangan tua memaknai kopi sebagai bentuk kedewasaan. Seperti apa sih asyiknya budaya ngopi ini? Yuk simak beberapa penjelasan berikut.

Ngopi dan Gaya

Ngopi memang terkesan sederhana. Menunggu sajian kopi dari barista, menghirup aromanya, menyeruputnya hingga obrolan-obrolan ringan yang menyertainya.

Tetapi inilah kesederhanaan yang telah mendarah daging, bukan hanya diwariskan oleh nenek moyang kita, tetapi juga telah menjadi tradisi tersendiri bagi kalangan pecinta kopi sejati. Mereka yang memaknai kopi begitu penting dalam hidupnya, tiada hari tanpa kopi, tiada hujan tanpa seduhan kopi. Dan kopi menjadi symbol pergaulan di kafe-kafe.

Para pecinta kopi sejati datang serius ke kafe-kafe untuk menemukan varian yang paling dicari, dan mereka yang masih suka kopi dengan taburan gulanya pun datang ke kafe-kafe, meski rasa yang dinikmati berbeda. Pecinta kopi sejati minum kopi tanpa gula, mereka yang hanya sekedar gaya tampaknya takut dengan pahitnya kopi. Kamu yang mana?

Ngopi dan Pelajaran Hidup

Jangan sederhana memandang segelas kopi sebab di dalamnya sangat dalam makna pembelajaran hidup. Seorang barista membutuhkan waktu yang lama untuk meracik, menggiling, menyeduh, menemukan takaran yang pas hingga akhirnya terhidanglah secangkir kopi dengan aromanya yang menggoda. Hidup itu proses, seperti kopi yang ada di hadapanmu. Rasanya pun terkadang manis, terkadang pahit, sama halnya hidup yang punya banyak warna.

Ngopi itu Sederhana Tapi Pasti

Hal sederhana bisa jadi luar biasa, itulah kopi. Minuman berwarna hitam seteguk demi seteguk akan membuat pikiran lebih fokus. Seseorang bisa melakukan hal-hal besar selepas itu. Yang sederhana akan menjadi besar, yang kecil akan menjadi luar biasa. Kopi telah merubah pemikiran orang menjadi lebih produktif, lebih cerdas dan berpikir lebih dewasa. Ada orang yang tak mampu berpikir sebelum menyeduh kopi, tak mampu berbicara tenang sebelum merasakan aroma kopi tercium di hidungnya.

Ngopi memang sederhana, tetapi ia melahirkan hal-hal luar biasa yang kadang tak terpikirkan. Kopi telah menjadi tradisi, apakah kamu bagian dari tradisi tersebut?

**Kamu juga bisa membagikan ceritamu di Qencan, silahkan mendaftar dan tulis ceritamu :)

Tags

Admin Qencan

Setiap orang memiliki cerita sendiri dan qencan.com adalah wadah bagi anak muda untuk saling berbagi dan terhubung kepada pemuda lain di Indonesia

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close