Trip

Lima Tips Liburan ke Gunung Bromo dijamin Seru

Mau liburan ke Bromo, dan butuh informasi lebih banyak, yuk simak pembahasan ini...

Qencan.com || Pengen liburan ke Bromo dalam waktu dekat? biar liburan kamu lebih asyik dan seru, yuk simak tips wisata ke Bromo yang akan saya bagikan berikut ini.

Berbicara soal wisata di Jawa Timur, Malang masih menjadi salah satu kota yang cukup banyak direkomendasikan orang. Kota yang terkenal dengan suhu dingin dan buah apelnya ini memang memiliki banyak destinasi wisata seru, salah satunya adalah Bromo Tengger Semeru.

Pada bulan februari 2019 saya sempat melakukan perjalanan ke Gunung Bromo, dan overall memang ini adalah salah satu tempat dengan pemadangan alam terbaik dari yang pernah saya kunjungi.

bromo tengger semeru

Dari perjalanan saya ini, ada beberapa hal yang kurang tepat karena minimnya informasi yang teman-teman saya dapatkan.

Tips Liburan ke Gunung Bromo

Bagi kalian yang akan melakukan perjalanan ke Gunung Semuru, yuk simak beberapa tips liburan ke Bromo agar perjalanan kamu lebih seru dan menyenangkan.

  • Pilih Waktu yang Tepat

Apa yang ingin kamu lihat ketika berlibur ke Gunung Bromo? Hampir sebagian orang pasti ingin melihat sunrise atau keindahan matahari terbitnya. Begitu juga dengan saya, ekspektasi saya ketika ke Bromo adalah untuk menikmati suasana matahari terbit sambil menikmati secangkir kopi.

Baca Juga : Rekomendasi 7 Tempat Romantis di Semarang Malam Hari

Tapi sayangnya hal ini tidak terjadi karena pada saat itu sekitar gunung Bromo tertutup awan sehingga hal tersebut tidak bisa kami lihat.

Jika kamu ingin melihat indahnya matahari terbit di Bromo, alangkah lebih baiknya jika kamu berkunjung pada waktu yang tepat.

Kapan waktu yang tepat?

Setelah saya brosing ternyata waktu yang terbaik adalah pada saat musim kemarai dimana cuaca sekitar Gunung Bromo dalam keadaan cerah sehingga keindahan pemandangan merah merona matahari terbit bisa kamu nikmati dengan jelas.

Itu jika kamu ingin menikmati matahari terbitnya, tetapi Bromo bukan hanya sebatas matahari ternitnya saja. Selain itu masih ada padang savana dan bukit Teletabies yang tidak kalah keren.

Jika kamu ingin melihat keindahan dua tempat tersebut yang notabene, waktu terbaik adalah pertengahan musim penghujan dimana tanaman dan rumput disekitar lokasi masih ijo royo-royo.

  • Pakai Baju yang Tebal

Malang dikenal sebagai kota yang memiliki suhu udara cukup dingin, apalagi dengan Gunung Bromo yang notabene berada di ketinggian, sudah pasti suhu udara disini sangat dingin. Apalagi sesaat setelah matahari terbit, suhu udara disekitaran Gunung Bromo akan sedikit lebih dingin dari sebelumnya.

Jadi pastikan kamu membawa pakaian yang tebal, atau pakain yang memang dikhususkan pada cuaca seperti ini misalkan sweater atau flanel.

Oh ya, disekitaran lokasi juga ada pedagang setempat yang menjual beberapa hal yang bisa sedikit mengurangi dinginnya suhu di Bromo seperti sapu tangan, syal, dan topi kupluk.

  • Kondisi Tubuh yang Fit

Dan tips wisata ke Gunung Bromo yang ketiga adalah pastikan kondisi tubuh kamu dalam kondisi fit dan prima. Mainstraeam banget sih, tapi ini memang cukup penting, selain suhu udara yang dingin, perjalanan menuju beberapa titik tidak bisa dilakukan dengan bantuan alat transportasi.

Jadi kondisi tubuh yang fit dan prima sudah pasti akan sangat mendukung selama kamu liburan ke Bromo.

Baca Juga : Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Kamu Kunjungi

Untuk menikmati keindahan matahari terbit memang tidak dibutuhkan pendakian yang terlalu tinggi, namun jika kamu ingin melihat kawah Gunung Bromo, kamu harus melakukan perjalanan dari pos parkir kendaraan menuju tangga (ini bisa menggunakan kuda yang disewakan masyarakat setempat) dan barulah menaiki tangga yang sudah tersedia.

  • Siapkan Penginapan

Perlukah penginapan? Perlu banget, apalagi jika kamu adalah dari luar kota, misalkan liburan ke Bromo dari Jakarta, mau tidak mau kamu harus memiliki tempat untuk istirahat sejenak sebelum berangkat menuju lokasi.

Perlu kamu ketahui bahwa perjalanan menuju Gunung Bromo cukup menguras tenaga, dan jika kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat, ini cukup menguras tenaga.

Ada baiknya ketika kamu sudah sampai di Malang, silahkan cari penginapan dan istirahatlah sejenak, dan pada pagi hari sekitar jam 2 atau tiga baru melakukan perjalanan ke Gunung Bromo.

  • Siapkan Masker

Sedangkan untuk tips liburan ke Bromo adalah dengan membawa masker. Ini wajib juga, apalagi jika kamu berkunjung pada waktu musim kemarau, debu-debu selama menyusuri lautan pasir pasti akan sangat menggangu.

Selain itu, di kawah Gunung Bromo juga memiliki bau belerang yang sangat menyengat, bahkan saya dan rombongan tidak terlalu lama berada di atas karena memang tidak tahan dengan bau belerang yang cukup menyengat itu.

Tidak hanya itu saja, rute untuk sampai pada puncak kawah yang biasa dilalui kuda juga memiliki bau yang tidak enak (bau kotoran dan air kencing kuda mungkin ya), jadi akan jauh lebih baik jika kamu menyiapkan masker.

Baca Juga : Foto Keindahan Curug Citambur Cianjur Selatan

Lima tips wisata ke Gunung Bromo diatas wajib untuk kamu persiapakn sebelum melakukan perjalanan. Sedangkan hal lain yang cukup klise namun tidak kalah penting untuk kamu siapkan seperti anggaran, rute perjalan, jadwal, dan lain sebagainya. Akhir kata selamat berlibur…

**Kamu juga bisa membagikan ceritamu di Qencan, silahkan mendaftar dan tulis ceritamu :)

Tags

Daisyhill

im fallin in love with the music, the road, the dark, the light, all the shit and myself

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close