Trip

Wajib Tahu !! 7 Fakta Menarik Tentang Toilet Bawah Tanah di Jogja

Namanya Toilet Underground, sebuah toilet bawah tanah yang ada di Jogja

Qencan.com || Buat kamu yang merencanakan piknik ke jogja, kamu harus tahu adanya toilet underground jogja yang terletak di titik nol kilometer kota Jogja. Toilet bawah tanah Yogyakarta ini diresmikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X pada 9 Januari 2018 lalu.

Toilet bertaraf internasional ini sangat memudahkan wisatawan ketika menghabiskan waktu di titik nol kilometer kota Jogja dan sekitarnya. Jadi, untuk kamu yang sedang berada di sekitaran Malioboro, Alun – Alun Utara, Taman Pintar kamu bisa memanfaatkan toilet ini.

Fakta Menarik Toilet Bawah Tanah Jogja

Sebelum mencoba toilet bawah tanah di jogja ini, ada 7 fakta menarik tentang toilet bawah tanah jogja yang harus kamu tahu.

 

1. Toilet Bertafar International

toilet bawah tanah di jogja by jogjadotco
toilet bawah tanah di jogja by jogjadotco

Fakta pertama, toilet yang terletak di sisi tenggara titik nol kilometer Jogja ini rupanya mempunyai fasilitas internasional.

Baca Juga : 5 Gunung di Jogja yang Siap Kamu Daki Kapan Saja

Sekilas sesaat masuk ke area toilet ini rasanya seperti berada di dalam toilet mall-mall besar. Didesain sangat elegan, pastilah toilet ini dinilai super oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

 

2. Tutup di Hari Kedua diresmikan

toilet underground jogja by solopos
toilet underground jogja by solopos

Fakta selanjutnya, ternyata toilet bawah tanah Jogja ini pernah tutup sehari setelah diresmikan loh!

Wisatawan sempat kecewa akan hal ini, para pedagang sekitar menilai cukup banyak orang yang terlewatkan dengan informasi tutupnya toilet bawah tanah ini.

Mereka yang sudah berencana untuk buang air kecil kemudian memutuskan untuk pergi ke toilet SMPN 2 Yogyakarta yang terletak tidak jauh dari toilet tersebut.

Apa kamu bisa menebak alasannya? Rupanya Pak Sri Sultan Hamengkubuwono X mengeluhkan aliran air toilet yang kurang kencang.

Setelah hal tersebut terucap, Muhammad Mansyur, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP ESDM) menyatakan akan segera mengerahkan timnya untuk memperbaiki supaya aliran air lebih kencang.

Baca Juga : Rekomendasi Wisata Air Terjun di Semarang dengan Pemandangan Indah

Tapi jangan khawatir, untuk saat ini perbaikan tersebut sudah dilakukan, dan kamu sudah bisa menggunakan toilet bawah tanah jogja lagi.

 

3. Tersedia Fasilitas Khusus Penyandang Disabilitas

toilet underground jogja by liputan6
toilet underground jogja by liputan6

Fakta ketiga, toilet ini menyediakan fasilitas khusus penyandang disabilitas. Adanya stair lift dari Swedia yang dipasang di tangga toilet dimaksudkan agar pengguna kursi roda dan penyandang disabilitas lainnya dapat lebih mudah memasuki toilet ini.

 

4. Menghabiskan 5,7 Milyar

peresmian toilet underground jogja by liputan6
peresmian toilet underground jogja by liputan6

Fakta berikutnya mengenai biaya yang dikeluarkan Pemerintah Daerah DIY untuk pembuatan toilet ini.

Toilet bawah tanah yang dibangun selama 6 bulan ini menghabiskan biaya sebesar 5,7 milyar. Harga yang sangat fantastis untuk sebuah toilet, namun tentu saja sebanding dengan fasilitas yang ada.

 

5. Toilet Perempuan Jauh lebih Banyak Ketimbang Pria

toilet bawah tanah yogyakarta by liputan6
toilet bawah tanah yogyakarta by liputan6

Fakta menarik selanjutnya adalah jumlah toilet yang ada di bawah tanah ini. bisakah kamu menebaknya? Rupanya toilet bawah tanah jogja ini mempunyai 12 toilet untuk perempuan dan hanya 6 toilet untuk pria. Kira-kira kenapa dibuat seperti ini ya?

6. Tidak Ada Biaya Masuk

toilet bawah tanah yogyakarta by detik
toilet bawah tanah yogyakarta by detik

“Tidak bayar, pengguna tinggal masuk saja, tidak perlu membayar, pokoknya gratis” ujar Plt Kepala PUP ESDM, Bapak Mansyur. “Kalau nanti disana ada yang suruh bayar, itu ditolak saja” lanjutnya.

Ya, toilet bawah tanah ini masih ditanggung oleh Pemda DIY, alias digratiskan untuk masyarakat. Inilah fakta menarik keenam dari toilet ini.

7. Perawatan Tahunan Mencapai 500 juta

toilet underground jogja by liputan6
toilet underground jogja by liputan6

Fakta terakhir atau yang ke tujuh adalah tahukah kamu berapa anggaran yang dikeluarkan Pemda DIY untuk perawatan toilet bawah tanah ini?

Setelah diputuskan untuk digratiskan kepada masyarakat, pada fakta sebelumnya tertera bahwa perawatan toilet bawah tanah ini ditanggun oleh Pemda DIY. Rupanya Pemda DIY menganggarkan biaya sebesar 500 hingga 600 juta rupiah untuk perawatan selama satu tahun.

Baca Juga : Singgah Sejenak di Cafe Epic dan Instagramable di Sekitaran Malioboro Yogjakarta

Itulah 7 fakta menarik tentang toilet bawah tanah di jogja yang harus kamu tahu. Apalagi setelah mencobanya, kamu bakal merasakan betapa mumpuni nya fasilitas yang disediakan Pemda DIY ini khusus untuk kamu para wisatawan dan masyarakat lokal.

**Kamu juga bisa membagikan ceritamu di Qencan, silahkan mendaftar dan tulis ceritamu :)

Tags

Admin Qencan

Setiap orang memiliki cerita sendiri dan qencan.com adalah wadah bagi anak muda untuk saling berbagi dan terhubung kepada pemuda lain di Indonesia

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close